Pilih mana freelancer atau perusahaan pengembang website?

Table of Contents

Pemilik bisnis yang ingin membuat aplikasi web biasanya dapat memilih di antara tiga alternatif. Yang pertama adalah membangun tim pengembang internal yang akan bekerja secara eksklusif untuk Anda dan akan dikelola oleh Anda selama durasi proyek. Namun, relatif sedikit perusahaan yang memilih opsi ini saat mempekerjakan pengembang web. Alasan utamanya adalah ini adalah cara termahal untuk membangun produk digital.

Tiga alasan utama menjelaskan hal itu:

  • perekrutan bisa menjadi proses yang mahal, terutama saat Anda mencari pengembang yang terampil,
  • Anda perlu membuat pengembang tetap dalam daftar gaji sampai layanan mereka tidak diperlukan lagi,
  • Anda perlu membangun ekosistem yang mendukung tim; kantor, manajer, komputer, dan banyak lagi.
  • Sebagian besar waktu, pemilik bisnis memiliki dua opsi lain: mempekerjakan pengembang web yang bekerja sebagai freelancer atau bekerja sama dengan perusahaan pengembangan web.

Di satu sisi, Anda bisa mendapatkan freelancer yang terampil dengan portofolio yang layak dan rekam jejak yang bagus.

Di sisi lain, Anda akan menemukan agensi pengembangan web yang memiliki banyak pengembang berbakat dan mengelola proyek dalam berbagai spesialisasi dan sektor.

Jadi, opsi mana yang harus Anda pilih untuk menjaga biaya tetap rendah dan memaksimalkan laba atas investasi Anda? Dalam artikel ini, kami melihat lebih dekat manfaat dan tantangan dari setiap opsi untuk membantu Anda memutuskan mana yang paling cocok untuk proyek Anda.

Manfaat mempekerjakan freelancer.

  • Biaya rendah. Mempekerjakan pengembang web yang bekerja sebagai freelancer adalah cara termurah untuk membangun aplikasi web. Freelancer akan menagih Anda hanya untuk layanan mereka, jadi Anda hanya akan membayar untuk pekerjaan itu sendiri. Namun, banyak biaya lain, seperti hosting atau pembelian domain, akan ditanggung Anda.
  • Mempercepat. Banyak pengembang lepas termotivasi untuk memberikan hasil yang bagus dengan cepat. Lagipula, itu demi kepentingan terbaik mereka untuk dapat diandalkan dan melebihi harapan Anda. Mereka tidak akan membuang waktu untuk bergosip di kantor dan langsung mulai bekerja.
  • Fleksibilitas. Bergantung pada tempat Anda mempekerjakan freelancer, mereka mungkin setuju dengan jam kerja yang tidak biasa. Misalnya, mereka dapat memperbarui situs web Anda pada larut malam atau menulis kode pada waktu lain di siang hari. Namun, Anda harus jelas tentang kebutuhan Anda sejak awal sehingga Anda tidak mendapatkan kejutan yang tidak menyenangkan selama proyek berlangsung.

Kerugian mempekerjakan freelancer


Menilai dari penjelasan di atas, Anda mungkin bertanya-tanya: mengapa tidak semua orang di luar sana menyewa freelancer untuk proyek pengembangan web mereka? Namun, freelancer juga memiliki tantangan tersendiri. Berikut adalah kerugian terpenting dari mempekerjakan pengembang web yang bekerja sebagai freelancer yang harus Anda sadari sebelum memilih opsi ini.

  • Ketersediaan. Menemukan pekerja lepas yang memiliki reputasi baik itu sulit dan mungkin membutuhkan banyak waktu. Selain itu, satu-satunya jaminan yang akan Anda miliki adalah rekam jejak dan portofolio mereka. Anda harus menjadi orang yang memberi tahu apakah keterampilan mereka sesuai dengan persyaratan proyek Anda. Freelancer cenderung mengerjakan banyak proyek pada saat yang bersamaan. Ini berarti bahwa mereka tidak akan tersedia untuk bekerja secara eksklusif dan penuh waktu pada proyek Anda. Bahkan, mereka mungkin tersedia saat Anda membutuhkannya. Jika Anda sangat membutuhkan seseorang untuk menerapkan pembaruan, Anda tidak dapat berasumsi bahwa mereka akan bebas melakukannya. Saat bersiap untuk mempekerjakan freelancer, Anda perlu bernegosiasi dan merencanakan bagaimana kolaborasi akan terlihat di kedua sisi.
  • Keandalan. Mayoritas freelancer ingin menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin dan memberikan kualitas. Tidak diragukan lagi. Namun, mereka tidak akan pernah menganggap diri mereka sebagai karyawan Anda. Mereka mungkin juga kesulitan menghubungkan dengan proyek Anda. Menemukan freelancer yang andal sangatlah sulit. Anda mungkin berpikir bahwa hal terpenting bagi seorang freelancer adalah memiliki proyek yang hebat dalam portofolio mereka. Anda akan terkejut mengetahui berapa banyak hal yang salah dalam kolaborasi semacam itu. Jika seorang freelancer menunda pekerjaannya, Anda tidak bisa berbuat apa-apa.
  • Keamanan dan kerahasiaan. Di dunia teknologi, kerahasiaan sangat penting karena sering kali diterjemahkan ke dalam kelangsungan hidup di pasar. Secara alami, Anda dapat meminta seorang freelancer untuk menandatangani perjanjian kerahasiaan.

Namun, masih ada risiko yang terlibat dalam kolaborasi semacam itu. Seorang freelancer yang bekerja untuk Anda hari ini mungkin bekerja sama dengan pesaing Anda besok, dan tidak ada yang dapat menghentikan mereka untuk menerapkan solusi yang dikembangkan untuk proyek Anda.

Manfaat menyewa perusahaan pengembangan web

Sekarang setelah Anda memiliki gambaran lengkap tentang seperti apa mempekerjakan freelancer, mari kita lihat manfaat dan tantangan bekerja sama dengan perusahaan outsourcing yang berspesialisasi dalam pengembangan web.

Mempekerjakan pengembang web

  • Jangkauan layanan yang luas

Keuntungan dasar dari menyewa perusahaan outsourcing adalah Anda mendapatkan seluruh tim dengan berbagai kompetensi. Perusahaan seperti itu akan dapat memberi Anda layanan yang lebih luas dan menawarkan lebih dari satu solusi. Mereka memiliki akses ke semua sumber daya dan alat yang diperlukan untuk membangun situs web dan menjaganya tetap berjalan dalam kondisi yang sangat baik juga.

  • Keahlian teknologi

Agen pengembangan web biasanya memiliki proses perekrutan yang ketat untuk memastikan bahwa hanya orang paling berbakat dengan keterampilan luar biasa yang menjadi bagian dari perusahaan. Selain itu, mereka menawarkan manfaat dan fasilitas yang menarik bakat tersebut ke depan pintu mereka.

Itulah mengapa saat menyewa perusahaan pengembang perangkat lunak, Anda mendapatkan akses ke keahlian teknis yang luar biasa. Anda akan dapat memanfaatkan pengalaman kolektif perusahaan di lebih dari satu area.

Misalnya, agen pengembangan web dapat memberikan layanan desain UX / UI, pengembangan web, jaminan kualitas (QA), dan layanan pengembangan produk dalam bentuk lokakarya desain atau sesi pelingkupan. Secara keseluruhan, ketika Anda menyewa perusahaan outsourcing, Anda mendapatkan lebih dari sekadar pengembangan murni.

  • Fleksibilitas

Hingga produk Anda diluncurkan, tim pengembangan akan menyertakan beberapa anggota yang mengirimkan pekerjaan mereka dalam iterasi reguler dan mengikuti pendekatan pengembangan perangkat lunak paling inovatif. Dan setelah produk Anda siap, Anda dapat dengan mudah menurunkan skala tim menjadi lebih sedikit anggota yang akan bertanggung jawab untuk memelihara dan memperbaruinya.

Dan bagaimana jika Anda perlu membangun fitur baru karena pesaing Anda baru saja memperbarui aplikasi mereka? Mudah. Perusahaan outsourcing akan dapat meningkatkan tim Anda untuk memasukkan lebih banyak anggota dan meningkatkan sumber daya Anda untuk membangun keunggulan kompetitif untuk bisnis Anda.

  • Kualitas terbaik

Jika Anda melihat kualitas yang diberikan oleh agen pengembangan web, Anda akan melihat bahwa merekalah yang membangun situs web pemenang penghargaan. Bukan freelancer yang membangun solusi yang mulus dan menarik, tetapi tim pengembangan perangkat lunak. Jika Anda ingin membuat aplikasi web yang lebih canggih dan menarik, menyewa freelancer mungkin tidak cukup.

Terlebih lagi, agensi memiliki proses yang memungkinkan mereka dengan mudah menangani situasi seperti orang sakit atau mencari pekerjaan lain. Anda tidak akan pernah ditinggalkan sendirian dengan produk yang belum selesai.

  • Kerahasiaan

Biasanya, agensi memiliki kontrak yang mencegah mereka bekerja untuk pesaing Anda. Tindakan hukum yang disebabkan oleh perilaku tersebut memiliki konsekuensi yang jauh lebih parah daripada perjanjian non-disclosure.

Opsi mana yang paling cocok untuk pengembangan web?

Pada akhirnya, jawaban atas pertanyaan ini bergantung pada proyek Anda. Secara umum, merancang dan mengembangkan aplikasi web yang luar biasa akan menjadi proses yang kompleks dan multi-tahap. Apa yang Anda inginkan dari situs web? Apakah Anda memerlukan situs web yang hanya menyajikan penawaran Anda atau sesuatu yang lebih canggih?

Jika Anda ingin menguji ide bisnis Anda dengan situs web dan melihat bagaimana pasar menanggapinya – dan Anda perlu meluncurkannya dengan cepat dan meminimalkan pengeluaran – menyewa pekerja lepas adalah ide yang bagus. Tetapi hanya selama proyek tersebut memakan waktu tidak lebih dari 350 jam total (2 bulan pengerjaan). Jika tidak, lebih cerdas mengandalkan tim.

Namun, situs web semacam itu akan sangat sulit untuk diperluas atau diperbarui. Itulah mengapa lebih pintar menyewa perusahaan outsourcing. Anda mungkin berinvestasi lebih banyak di awal, tetapi Anda akan menerima produk – bahkan produk yang disederhanakan dalam bentuk Minimal Viable Product (MVP) yang akan memenuhi tujuan awal Anda dan kemudian berkembang seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda. Hanya tim pengembangan web yang dialihdayakan yang dapat memberi Anda jenis layanan ini.

Kami berharap panduan ini membantu Anda memilih opsi terbaik untuk proyek pengembangan web Anda. Di Rekat Digital, kami memiliki banyak pengalaman dalam memberikan proyek pengembangan web kepada klien yang beroperasi di berbagai industri. Jika Anda mencari lebih banyak saran, kunjungi halaman jasa pembuatan website atau silakan hubungi konsultan kami.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Leave a comment

Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

Tidak dapat dipungkiri bahwa sosial media telah menjadi bagian dari sebagian besar strategi pemasaran digital bisnis. Menggunakan sosial media  perlu memahami manfaat