Mengenal Keunggulan Social Media Marketing dan Strateginya

Table of Contents

Social media marketing merupakan salah satu pilihan digital marketing yang menjanjikan dengan popularitas di bawah teknik SEO. Seperti dirilis oleh WeAreSocial, bahwa sebanyak 160 juta penduduk Indonesia adalah pengguna aktif media sosial, ini adalah peluang target pasar yang sangat menjanjikan.

Secara definisi, social media marketing adalah teknik pemasaran menggunakan platform sosial media dengan memanfaatkan fitur-fitur yang dimilikinya. Pilihan sosmed sebagai platform gratis jadi alasan pelaku digital marketing pemula lebih memilih teknik pemasaran digital yang satu ini.

Tujuan Sosial Media Marketing

Apa tujuan  social media marketing untuk bisnis Anda sangat strategis, pahami beberapa tujuan penting berikut:

1.Membangun Brand Awareness

Platform  sosial media yang bisa digunakan secara gratis dengan jumlah pertemanan yang cukup besar menjadi sarana yang sangat efektif untuk membangun pengakuan dari publik terhadap produk jasa atau benda yang Anda miliki.

Menciptakan postingan berkualitas untuk membangun branding yang kuat terhadap produk baru yang Anda miliki sangat mungkin dengan teknik SMM ini.

2. Mendapatkan Feedback Serta Evaluasi Strategi Pemasaran

Orang sering menyebutnya dengan test ombak, bagaimana melihat respon pasar terhadap produk yang Anda tawarkan. Melalui interaksi komunikasi yang berkelanjutan dengan calon buyer akan memberikan masukan berharga bagi Anda untuk meningkatkan kualitas dan strategi pemasaran yang dibangun.

3. Menganalisa Kemampuan Kompetitor

Aktif di sosial media juga akan membuat Anda bisa melihat bagaimana strategi yang dibangun  oleh kompetitor bisnis Anda. Pelajari dan temukan inovasi yang lebih baik agar produk Anda dinilai lebih unggul oleh calon buyer.

Jenis-Jenis Sosial Media Marketing

Pada dasarnya setiap sosial media bisa dioptimalkan untuk kebutuhan digital marketing, tetapi dari beberapa jenis sosmed yang ada saat ini, berikut macam pemasaran melalui media sosial yang paling banyak digunakan:

1.Facebook Marketing

Facebook merupakan sosmed yang cukup banyak digunakan orang untuk digital marketing. Di sini Anda bisa menciptakan konten yang menarik, menentukan anggaran untuk optimasi tools berbayar serta melakukan analisa strategi yang dibuat.

Beberapa tools facebook marketing yang bisa Anda manfaatkan di antaranya SocialOomph dan DrumUp. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan Facebook Ads untuk meningkatkan iklan promosi secara tertarget.

2. Whatsapp Marketing

Tahukah Anda bahwa whatsapp disebut sebagai sosial media yang paling sering dibuka oleh orang. Sebelum membuka sosmed lainnya, biasanya orang akan membuka WA lebih dulu. Hal ini disebabkan sifat interaksi sosmed yang satu ini lebih dekat dan berkelanjutan. Peluang inilah yang dimanfaatkan pelaku SMM untuk memaksimalkan WA untuk kolam uang.

3. Youtube Marketing

Media sosial dengan pengguna yang sangat tinggi beberapa tahun terakhir adalah youtube. Keunggulan sosial media ini menampilkan tampilan video yang lebih jelas, menarik dan dapat dimaksimalkan dengan baik untuk memperkenalkan sebuah produk.

Pengguna sosmed ini kini meningkat, bukan hanya kalangan muda tetapi juga menginjak ke para pengguna dewasa yang mulai banyak memanfaatkan platform ini.

4. Instagram Marketing

Kemampuan Anda menciptakan konten yang berkesinambungan antara konten gambar, video dan tulisan akan lebih maksimal menggunakan sosmed yang satu ini. Membuat konten dengan tema edukatif yang spesifik juga bisa menjadi salah satu strategi menggunakan instagram untuk marketing. Pengguna kalangan muda banyak memanfaatkan platform ini.

Selain sosmed di atas, twitter, telegram dan TikTok juga banyak digunakan orang untuk pemasaran online. Jadi sebenarnya  apa pilihan aplikasi sosial media terbaik yang bisa digunakan untuk marketing digital?

Pada dasarnya jika Anda bisa memanfaatkan semua aplikasi dengan maksimal, maka akan lebih baik tetapi jika tidak maka pilihlah aplikasi yang paling sesuai dengan target pasar Anda, aplikasi yang Anda paling bisa optimal menjalankannya.

Cara Kerja dan Strategi Sosial Media Marketing

Bagaimana cara kerja social media marketing yang bisa Anda jadikan sebagai panduan pengaturan strategi yang tepat untuk pemanfaatan digital marketing?

Penting diketahui, walaupun bersifat gratis tetapi sosmed memiliki menu atau fitur marketing berbayar yang bisa dioptimalkan untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Mereka yang sukses dengan pilihan SMM ini adalah mereka yang telah mengoptimalkan fitur-fitur tersebut. Mendapatkan follower tertarget yang lebih mendorong keterlibatan calon buyer pada setiap postingan yang dibuat.

Nah, berikut ini beberapa strategi social media marketing yang bisa Anda jalankan untuk membantu meningkatkan penjualan:

1.Menentukan Platform dan Analisa Audiens

Pilihlah sosial media yang paling potensial untuk jenis bisnis Anda lalu analisa bagaimana tipe dan selera audiens di platform tersebut. Misalnya Anda memilih facebook dengan target pasar semua usia. Anda bisa memetakan strategi pembuatan konten hingga tampilan produk sesuai dengan tipe dan selera audiens di facebook tersebut.

Misalnya target pasar Anda ibu rumah tangga, analisa bagaimana seleranya yang bisa dilihat dari kondisi ekonomi, geografis untuk membantu Anda membuat konten yang lebih menarik perhatian.

2. Membuat Konten Berkualitas

Konten adalah inti utama yang harus Anda sajikan untuk menjalankan SMM (social media marketing). Konten berkualitas bisa dibuat dengan mengkombinasikan semua unsur mulai dari tulisan, gambar, infografis hingga video.

Konten yang baik bukan semata-mata disajikan secara hard selling, konten soft selling terkadang lebih disukai, termasuk salah satunya yang sifatnya mengedukasi calon buyer.

Apapun platform yang Anda pilih, konten semacam ini tetap bisa ditampilkan, terlebih untuk instagram dan facebook. Anda membutuhkan kemampuan copywriting yang baik, editing foto video hingga strategi pengaturan dan penyajian konten yang tepat.

3. Anggaran untuk Memaksimalkan

Facebook Ads atau hal serupa yang ada di instagram perlu Anda gunakan untuk mengoptimalkan hasil penjualan. Budget perlu dialokasikan khusus untuk marketing di sosmed. Seberapa besar Anda memiliki anggaran, jangkauan bisnis Anda akan semakin besar.

4. Evaluasi

Lakukan evaluasi secara berkala. Misalnya mengapa konten yang Anda buat sedikit mendapat like dan komentar. Apa yang salah dan bagaimana respon calon buyer dengan produk yang ditampilkan dalam konten. Atur dan buatlah strategi yang lebih baik.

Jasa Sosial Media Marketing

Belajar social media marketing sangat penting dilakukan jika Anda memilih strategi digital marketing yang satu ini. Walaupun hanya membuat postingan, strategi jitu SMM ini telah berhasil meningkatkan visibilitas sebuah website. Kombinasi yang bagus antara teknis digital marketing SEO dengan SMM akan melejitkan potensi penjualan yang lebih.

Saat ini ada banyak layanan jasa sosial media marketing yang bukan hanya menawarkan jasa pada Anda tetapi juga menawarkan tawaran belajar lebih dalam tentang strategi marketing yang satu ini.

Anda akan dipandu bagaimana memilih media marketing terbaik dan paling sesuai dengan bisnis Anda, bagaimana mengoptimalkannya serta bagaimana memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk meningkatkan promosi bisnis.

Anda bisa bertemu dan belajar dengan para pakar social media marketing Indonesia yang sukses menjalankan bisnis berbekal sosial media saja. Bagaimana sosmed dapat mendukung strategi marketing lain yang juga Anda jalankan.

Sosial media marketing bisa Anda kombinasikan dengan teknik digital marketing lainnya seperti PPC, email marketing, SEO, dan lainnya. Belajar dari ahlinya untuk mendapatkan hasil pemasaran yang lebih baik.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Leave a comment

Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

Tidak dapat dipungkiri bahwa sosial media telah menjadi bagian dari sebagian besar strategi pemasaran digital bisnis. Menggunakan sosial media  perlu memahami manfaat