Digital Strategy – Apa itu? Kenapa membutuhkannya?

Pemasaran digital telah menjadi intrinsik bagi keberhasilan bisnis dalam skala apa pun – dari perusahaan transnasional besar hingga bisnis lokal kecil.

Tetapi hal yang sama tidak berlaku untuk semua orang. Usaha kecil tidak dapat berharap untuk menggunakan pendekatan pemasaran yang sama dengan perusahaan FTSE 100.

Di situlah strategi digital atau digital strategy mulai berperan – dan mengapa itu jauh lebih dari sekedar buzzphrase.

Apa itu Strategi Digital?

Digital strategy atau strategi digital adalah proses meletakkan tujuan, peluang, dan kegiatan terkait bisnis Anda untuk memaksimalkan keberhasilan aktivitas pemasaran digital Anda.

Pada dasarnya, ini semua tentang mengetahui tujuan Anda, pelanggan Anda, dan calon pemirsa Anda.

Strategi digital berpusat pada tujuan – menetapkan KPI Anda dan bagaimana Anda akan mengukur kinerja. Setelah Anda memakukan ini, Anda dapat melihat saluran digital mana yang harus Anda gunakan.

Ini akan memungkinkan Anda untuk menemukan audiens Anda dan menilai cara terbaik untuk berkomunikasi dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan. Memanfaatkan jaringan yang ada seperti Facebook, Twitter, YouTube, serta data email dan daftar pelanggan lainnya, Anda kemudian dapat menentukan alat dan aplikasi mana yang akan memungkinkan Anda mengumpulkan data dengan benar dan membangun audiens Anda.

Sebuah strategi memungkinkan Anda untuk menyusun rencana berdasarkan data secara logis, sambil juga mengingat keterbatasan seperti anggaran dan sumber daya yang tersedia.

Kenapa Membutuhkan Strategi Digital?

Strategi digital memungkinkan Anda menyatukan saluran yang berbeda berdasarkan tujuan yang koheren. Ini juga membantu menjaga pendekatan offline dan online Anda konsisten, yang berarti bahwa Anda menyajikan output terpadu untuk pelanggan Anda.

Sebuah strategi memungkinkan Anda untuk merencanakan aktivitas saluran Anda, dan merencanakan titik-titik di mana mereka menyeberang. Setelah Anda mengetahui bagaimana Anda akan menggunakan saluran untuk saling melengkapi, aktivitas pemasaran Anda secara keseluruhan menjadi mesin yang lebih halus.

Ini berarti Anda cenderung tidak membuang-buang sumber daya, atau kehilangan kesempatan untuk menggunakan satu saluran untuk meningkatkan keluaran dari saluran lain.

Kedua, strategi memungkinkan Anda membuat penilaian berdasarkan informasi tentang kesuksesan Anda.

Dengan memiliki tujuan dan target audiens yang jelas, serta alat dan metode yang tepat untuk mengumpulkan data, Anda dapat melihat angka-angka yang memberi tahu Anda bagaimana kampanye Anda – daripada mendasarkan penilaian pada pendapat pribadi. Memiliki KPI dan tolok ukur untuk diikuti berarti Anda memiliki standar yang terukur untuk seperti apa kesuksesan itu.

Dapatkah bertahan tanpa strategi digital?

Strategi adalah cara terbaik bagi bisnis untuk memfokuskan output pemasaran mereka, menjadikannya cara yang bagus untuk membuat anggaran pemasaran Anda melakukan lebih banyak.

Di Rekat Digital, kami percaya pada pendekatan berbasis data – di mana strategi berbasis tujuan dapat membantu Anda membawa kesuksesan yang lebih besar untuk upaya pemasaran online Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *